Membahas tentang ilmu didunia maya

Komunikasi data adalah pengiriman data menggunakan transmisi elektronik dari terminal/computer satu ke terminal lain/computer lain pros...

Pengertian Komunikasi data , Elemen dan Macam - macam komunikasi data


Komunikasi data adalah pengiriman data menggunakan transmisi elektronik dari terminal/computer satu ke terminal lain/computer lain proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan denganperalatan.
Contoh terminal data ( yang umum ) diantaranya yaitu :

  • Printer
  • Monitor PC
  • Scanner
  • Keyboard
  • Plotter
  • Dan Sebagainya

Jenis – jenis Komunikasi Data :  

  1. Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.
  2. Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.


Untuk mengkomunikasikan data dari satu tempat ke tempat yang lainnya minimal harus memiliki tiga elemen / transmisi datanya  ,diantaranya yaitu :

  1. Simplex => Merupakan bentuk komunikasi antara dua belah pihak, hanya saja sinyal-sinyal yang dikirim secara satu arah.
    Contoh nyata model komunikasi ini seperti broadcasting (siaran televisi) ataupun siaran radio.
  2. Half Duplex ( HDX )=> Merupakan bentuk komunikasi antara dua belah pihak dan dua arah, namun secara bergantian (tidak dapat secara bersama-sama) antara mentransmisikan dan menerima data.
    Contoh sederhana adalah walkie-talkie yang sering kita jumpai. Jika kita ingin berbicara, kita harus menekan tombol dan sebaliknya, jika kita ingin mendengar tombol harus dalam keadaan tidak ditekan.
  3. Full Duplex ( FDX )=> Merupakan bentuk komunkasi antara dua belah pihak yang saling mengirim dan menerima informasi dalamwaktu bersamaan. Pada umumnya model ini memerlukan dua jalur komunikasi.
    Contoh yang sering kita temukan dalam kehidupan adalah telepon, di mana penggunanya bisa berbicara (mengirim) dan mendengar (menerima) secara bersamaan.
Komponen Komunikasi Data :
  1. Pengirim : Piranti yang mengirimkan data.
  2. Penerima : Piranti yang menerima data.
  3. Pesan / Data : informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
  4. Media Pengirim : media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
  5. Protokol : aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.
Baik sampai disini dulu ya , jika ada kesalahan tolong diberitahukan dan terimakasih telah mengunjungi blog kami :).
sumber : wikipedia

1 komentar: